h1

Mempopulerkan 21 April

April 14, 2009

Udah biasa dengar kata emansipasi perempuan dan kesetaraan gender bukan berarti udah paham maknanya. 21 April selalu mengangkat hal ini.  Hari Kartini so this date said. Dulu waktu masih SD saya memaknai setiap 21 April dengan upacara memakai pakaian tradisional. Sekarang setelah sebesar ini saya ingin memaknai hari kartini dengan cara saya sendiri

Emansipasi perempuan itu menurut saya kemampuan  seorang perempuan menempatkan posisinya di tempat yang berbeda sesuai sikon. di bawah, di samping, dan di depan  kaum lelaki. Ketiganya tidak perlu dilakukan setiap saat. Karena itu saya bilang sesuai sikon. Perempuan yg selalu hanya mau dibawah menyedihkan, perempuan yang selalu menjadi rekan akan membosankan dan perempuan yang hanya mau di depan sangat menjengkelkan. tapi perempuan yang bisa men-switch diri dengan dinamis diantara ketiganya sangat MENAKJUBKAN!.

Perempuan di posisi ‘bawah’ gak berarti kalah. Makna posisi ini adalah kepatuhan dan hanya dengan kepatuhan segala hal menjadi teratur. Posisi ini hanya akan memberikan efek positif jika perempuannya melakukan pengabdian atas dasar ikhlas dan bukan dalam tekanan. pada posisi ini perempuan menunjukkan kemampuannya untuk  diatur, dikelola dan diberikan tugas untuk diselesaikan. Bayangkan kalo semua perempuan tidak bisa dan tidak mau diatur. Mengerikan sekali dunia ini..

Perempuan pada posisi ‘atas’ bukan berarti hanya melulu masalah kepemimpinan. Posisi ini menuntut kemampuan memutuskan suatu hal untuk berbagi macam kepentingan. Baik diri sendiri maupun orang lain. Memutuskan perkara butuh keberanian, kecerdasan dan analisis yang tepat agar hasilnya benar. Kepemimpinan perempuan diuji dari menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri karena ia dituntut untuk memiliki “kendali” atas dirinya sendiri. Sebelum dia bisa mengatur dirinya sendiri, sangat mustahil bisa memutuskan yang terbaik bagi orang lain. Pada posisi ini disebut-sebut perempuan sering gagal karena mencampuradukkan logika dengan emosi. Sayang sekali beberapa diantaranya memang benar namun sebagian yang lain salah besar. Tidak semua perempuan bisa memimpin dan karenanya hanya sedikit pula yang pantas jadi pemimpin.

Perempuan pada posisi samping adalah posisi vital. Pada posisi ini perempuan diminta mengeluarkan segala potensi yang ia punya, segala opini dan perbuatan perempuan pada posisi ini diperhitungkan, dipertimbangkan dan diperhatikan. Tetapi pada posisi ini perempuan cenderung terlena oleh apa yang diperolehnya. Jika berada di ‘atas ‘ berarti  memiliki tanggung jawab lebih besar, dan berada di ‘bawah” berarti bersedia melakukan tugas lebih banyak, maka pada posisi samping perempuan cenderung menuntut hak dan melupakan kewajibannya. memilih melakukan apa yang menurutnya lebih mudah, enggan mengambil alih tugas karena tidak mau kerja lebih banyak atau tidak mau memegang tanggung jawab yang lebih besar karena merasa setara. Pada posisi ini perempuan menjadi tidak lebih dari sebuah keberadaan membosankan yang kelakuannya tipikal dan dicap inferior. jangan heran dari posisi ini seringnya laki-laki mencari perempuan yang karuan bisa disuruh-suruh dan pasif  sekalian, atau justru mencari perempuan yang ‘take care of everything’ supaya dia merasa diurus instead of menghadapi makhluk  manja yang harus diperhatikan 24/7.

that’s how i took meaning in emancipation.that’s how i try to justify myself, and that’s what i kept telling myself. I believe being a woman is like having a sort of masterpiece mechanism inside my body. I ‘m built to be georgeous and by gorgeous i mean kick ass.

do you agree?

2 comments

  1. I’ve always admire ur post and ur saying.🙂 i enjoy ur blog so much! Aku ada blog tapi di LJ…XD en lebih banyak makian dr hal yg berbobot (byarpun ada sketsa juga sih)…
    🙂 Keep being eka! I admire u so much!


  2. @ Rianti : Makasih banyak ya Ri..it means a lot to me..i admire you so much too..^_^



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: