h1

you got a problem with copy-paste, buddy!

December 21, 2008

beberapa waktu yang lalu, saya mengalami suatu hal yang tidak menyenangkan dgn seseorang. Sebut saja si “x”. dia teman adik saya dan saya kenal dia karena dikenalkan adik saya.

ceritanya begini, di sebuah situs pertemanan sosial, saya meletakkan kutipan puisi saya ke “about me box” di bawah sebuah foto. Puisi ini sudah saya posting ke blog saya dgn judul “between”. kira-kira sebulan kemudian, ketika si “x” dan saya rajin berbalas-balasan komen dari wall, saya melihat melalui newsfeed, ada sebuah fotonya dengan caption berisi kutipan puisi saya tersebut . Dengan iseng saya menambahkan komentar : “ngutip bayar lisensi hehehehe” ke foto si “x” ini krn kutipannya 100% sama dgn kata-kata yang saya tulis di bawah foto saya pada halaman profil. Dua hari kemudian, saya mengunjungi foto si “x” tersebut untuk melihat balasan komentarnya dan ternyata,komen saya sudah tidak ada! awalnya saya pikir jangan2 komen saya belum terposting akibat error secara teknis lalu saya tinggalkan lagi komen serupa tapi tidak persis sama pada foto si”x” ini. Keesokan harinya saya melihat lagi bahwa komentar saya sudah tidak ada lagi!! saya mulai kesal, apa maksudnya dia begitu? lalu melalui adik saya saya minta alamat ym si “x” ini supaya saya bisa klarifikasi soal nasib komen saya yang dihapus berkali-kali ini.

lewat ym saya bertanya kenapa komen-komen saya dihapus dan dia menjawab bahwa dia malu karena telah meng-copy cat kata-kata dari profil saya untuk fotonya , saya bilang kalo kamu minta izin pasti saya berikan, lalu saya bilang lagi seandainya tidak minta izin pun tidak apa asal ada tulisan di bawah kutipannya yang menunjukkan identitas pengarang/penulis atau asal kutipan. Saya bilang dengan cara menulis sumber asli kutipan kita kan terhindar dari rasa malu dan was-was bila nantinya kutipan itu akan memberikan masalah pada kita.

apa balasannya? dia malah mengatakan saya sok copyright dan menuduh saya juga PASTI MENG-COPY TULISAN ITU DARI ORANG LAIN. Saat dia bilang begitu, tangan saya bergetar karena menahan marah, dengan sabar saya beri dia url postingan puisi saya di blog ini dan bilang ke dia yang dia kutip adalah karya asli saya. saya juga bilang tidak semua org itu copy-cat. Dia malah menambah dgn mengatakan saya juga pasti terinspirasi dari orang lain , saya bilang kalo terinspirasi dan mengutip itu beda urusannya. Saya menegaskan kalo ingin mengutip karya orang tulislah sumber aslinya dengan demikian berarti kita memberikan credit kepada si empunya karya. Dia malah bilang “berapa sih creditnya? kalo saya mampu saya bayar deh..” Saya bingung, ini orang ga ngerti arti bahasa Inggris dari kata “credit” ato emang mo nambah bikin panas suasana?. Saya bilang kalo memberikan credit tidak sama dengan membayarkan uang, tetapi lebih menunjukkan rasa hormat terhadap si pemilik karya yang dikutip. Pembicaraan berkembang ke arah yang saya pikir tidak relevan dengan inti masalah dan karena saya malas masalah ini berbuntut panjang, akhirnya saya berikan dia penyelesaian, “gini aja kalo lo masih mo make puisi gue difoto lo, TOLONG tulis nama gue di akhir puisinya sebagai bukti lo beritikad baik dan menghormati gue, gampang kok, tinggal copy-paste aja nama gue, gue harap lo mo ngerti , dadaah sukses yaaa—->ini beneran gue tulis kok hehe, sabar–sabarr..

Dua hari kemudian saya kembali melihat foto si “X” tersebut dan ternyata? Puisi saya sudah dihapus dari sana.

Buat saya tidak ada masalah, tapi yang di sayangkan sebenarnya penyelesaian yang saya tawarkan jauh lebih menyenangkan buat kedua belah pihak karena, memang begitulah kode-etik mengutip yang benar. Kita tidak perlu malu kalau kita mengutip kata-kata orang lain, tapi kita jelas perlu malu jika telah mengutip tapi tidak mau mengaku bahwa telah mengutip dan tidak cukup ksatria untuk menuliskan sumber kutipan. entah karena alasan apa saya tidak tahu, mungkin melakukan hal yang benar seperti menghormati hasil karya orang lain dianggap berat buat sebagian orang. Mudah-mudahan lain kali si “x” akan lebih hati-hati jika meng-copy-paste karya orang lain, karena heii..tidak semua orang itu copy cat, temaan..

buat yang penasaran puisi yang mana yang dikutip : yang ini nih..

Between
I’m the gray in a black and white world
I’m the purple in a red and blue mood
I’m the twilight between day and night
and I’m the shadow between dark and light

sebenernya saya bangga sih puisi saya dikutip, tapi kalo dituduh mencontek siapa yang ga keseeel???! T_T


7 comments

  1. Banyak orang yg emang kurang ajar. Sabar, ka. Just hope it won’t happen again…

    PUISINYAAAA KUEREEEENNNNNNNN!!!😄 kalu butuh melankoli2 bwat art gwe…gwe ngutip ato minta bikinin ya!

    Ka…dateng tgl 27 ke pino?


  2. faceboook…

    wekeke… hajar aje ka, gw bantuin dah. akhir akhir ini gw sedang dipenuhi hasrat untuk menghajar orang deh, entah kenapa…


  3. Internet plagiat memang sering terjadi. Yang Eka lakukan adalah hal yang benar, jangan pernah ragu untuk menyerang seorang plagiat. Plagiarisme adalah sebuah pencurian hak cipta. Apalagi copy-paste, serang langsung aja dengan ancaman.

    Blog yang sering di copas ama orang adalah twentea.com, kacau dah. sering sebel juga, terus parahnya itu kalau web yang suka copas gak ada link contact sama sekali. Mereka juga dari awal sudah takut kalau ada yang tuntut. Begitulah kalau pencuri, gak mau ketahuan >_<


  4. waaaah…sabar yah…


  5. @ rianti,her majesty,mas ncus dan siska,
    makasih ya buat dukungannya ^_^

    @rianti
    iya tgl 27 aku Insya alloh dateng, c u there..

    @mas ncus
    twentea.com soalnya tips2nya bagus2 asik dan ringan. wajar bgt kalo sering dicopas orang dgn tidak bertanggung jawab. Maju terus buat kontributornya (mas felix dkk) juga kroni2 arusmedia yang lain ^_^


  6. dari critanya…orang yg ngutip pasti masih abg yah?
    pemikiranya masih dangkal…susah dikasi tau…
    untung bukan karya” art work yg emang ada copyrightnya..bisa skalian tuntut aja tuh…hehe

    puisinya emang keren…
    blogku dijamin bebas copas lho…promosi hehe


  7. @cm
    bukan abg, justru lebih tua dari gue loh umurnya. hihihi..copas memang menjangkiti segala usia m,memang sih puisinya ga keitung karya komersil,tetapi tetep aja ada aturannya dong kalo kutip mengutip ya ga?
    thanx buat pujiannya utk puisi gw yak ^_^v



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: