h1

Apapun jenis rambutnya, harus dikeramas tentunya

August 3, 2008

kalo belakangan ini lo nonton tv, pasti lo tau iklan Sunsilk yg ada mieke amalia yg jadi miss Nuri Nourisher. Ceritanya ni sunsilk lagi promo nyari asisten buat si miss Nuri ini. Kita cuman perlu tunjukin foto bersama temen yg udah pake Sunsilk hair Nourisher, dan lalu bisa menang DUIT GEDE!! gampang banged kan? ya gak juga siihh.. setelah foto sama temen, ya dikirim dulu fotonya, abis itu berdoa, kalo terkabul baru bisa menang hehehe..

gw bukannya mo bantuin Sunsilk promosi ni apalagi promosi gratisan, wiii..hari gini pipis aja bayar ya gak? masa gw promosi gratis?..hehe.. yg mo gw omongin disini adalah satu hal yg sering muncul dalam hati gw ketika ngeliat iklan sampo. Pertanyaan itu bunyinya gini guys;

” pernah gak lo liat cewe keriting jadi bintang iklan sampo ( di tv) di indonesia?”

jawaban gw, gw pernah liat. tapi dulu, dulu bgt. Ada satu iklan sampo yg pernah make cewe berambut keriting buat jadi modelnya. Ada.. yg bisa tebak? gw tunggu jawaban lo ya ketik REG spasi JAWABAN kirim ke..TIDAAAAAAKKKK..gw terkena brainwashed ni gara2 mama Loren buka layanan sms.. padahal katanya yg terjadi pasti terjadi, kita gak bisa mengubah..HAAAAAHHHH, trus buat apa SMS??? mana nyokap gw ikutan lagi..TIDAKKK!!!..oh ibu, engkau tlah mencoreng nama Keluarga kita..eh tapi barusan nyokap dah bilang dia udah setop langganan soalnya bayar katanya (ya IYYAAAALLLAHH…masa ya iya dong! kan GORENG BALA-BALA bukan GORENG BADONG-BADONG!) oh Ya Alloh jadi menyimpang!! kembalikan aku ke jalan yg benar, sampe dimandang kita kawan-kawan? oya sampe mama Loren, eh salah sampe iklan yg pake model rambut Keriting, nah ada yg ingeeeet? iklan apa? nih gw kasi tau..dari sejak jaman gw masi SD seingat gw GAK ADA merek sampo yg pake model rambut keriting, cuma DOVE aja yg pernah! waktu itu kalo gak salah lagi kampanye DOVE Real Beauty. Jadi waktu itu di Iklannya sampo Dove pasang bermacam-macam cewe dgn usia , jenis, panjang, dan model rambut yg berbeda-beda.

Gw sebagai org yg punya latar belakang design, tau banget kalo iklan tivi maupun media cetak tu adalah work of art. setiap iklan bisa aja mengandung unsur hiperrealitas. kenyataan dalam iklan adalah hasil rekayasa yang dibuat hiperbola, seringkali kenyataan tersebut semu, bahkan tidak nyata sama sekali alias imajinatif. Ato kalo kata bokap gw sih (dgn logat batak) “Suka-sukanya dia saja, bah!..Horas Bah! habis beras kita makan Gabah!”–yg terakhir itu gw yg nambahin– nah kemudian, idealisme iklan–seringkali idealisme ini bernilai komersil krn sesuai dgn kebutuhan untuk menjual suatu produk–ditampilkan secara bertubi-tubi dalam jangka waktu yang berkesinambungan sehingga secara sadar ato tidak sadar akan menciptakan persepsi dalam kepala kita. Sayangnya persepsi inilah yang seringkali menjadi seragam, sehingga kita lupa pada kenyataan yang sebenernya.

Hubungannya sama iklan sampo, gw sebenernya ga ada masalah sama model apapun yg dipake sama si merek Sampo. setau gw dari kecil, gw selalu liat iklan sampo make model yg tipikalnya sama yaitu model cewe berambut lurus-panjang-tebal-hitam. Jadi terbentuk sebuah persepsi di kepala gw–mungkin lo jg sama– bahwa rambut yg bagus itu adalah rambut yg sama dengan model-model iklan sampo di tv. Gw jadi punya persepsi bahwa rambut tipikal model iklan sampo adalah jenis kelas 1 sedang sisanya adalah kelas dibawahnya. Buktinya? inget2 aja jaman SMP/SMA dulu saat rambut lurus menjadi sangat ngetrend dan setiap cewe berlomba-lomba membonding ato men-smoothing rambut ikalnya menjadi lurus jatuh tergantung plek ala san-chai meteor garden. Pokoknya gak lurus gak ngetren dan curly itu sucks meeeennn…!!! ahahahahaha..hayooo..siapa yg waktu itu mengalami ato paling gak jadi saksi buat sodara, ato temen2nya berlaku demikian?. Sedangkan pada kenyataannya jenis rambut perempuan Indonesia itu BERVARIASI. Coba lo cek rambut angota keluarga lo, blom tentu semuanya berjenis sama, ya kan? apalagi rambut temen2 lo, nah kan? pasti beda2 jenisnya. Menurut gw keberagaman inilah yang perlu kita tunjukkan. Selama gw tinggal di Jayapura-Papua, rambut Afro itu pemandangan biasa. Dan rambut Afro adalah rambut sebagian perempuan Indonesia selain jenis rambut lurus, ikal, dan keriting. Memang sudah seharusnya kita bangga sama apa yang kita punya. Lo udah liat iklan indomie? suka gak lo? gw suka banget ,itu Indonesia banget..dan itu kita banget, iya kann?

Dulu gw pun mengalami masa-masa krisis pede dengan rambut gw yang ikal sejak jaman SD. gw selalu ingin punya rambut lurus dan selalu berusaha mendapatkan rambut yg gw inginkan, sehingga berujung pada rusaknya rambut gw sendiri. Kalo sekarang, gw udah bisa terima rambut gw apa adanya, dan lo juga pasti bisa. Fokus gw adalah merawat rambut gw sebaik-baiknya, gak peduli dia ikelnya random dari hari ke hari, kiri sama kanan lengkungnya gak simetris ato bahkan poni gw sedikit serong kiri ato serong kemanapun yg dia suka hari itu. gw mo terima apa adanya. Soalnya ini yang dikasih Tuhan, dan gw mesti bersyukur. Bukan berarti rebonding dan smoothing jadi antagonis lo ya, silahkan aja ngelakuin apapun sama rambut lo, gw cm mo ngingetin bahwa rambut juga punya hak asasi untuk tumbuh sesuai keinginannya , hahahahaha..maksud gw gak usah minder sama jenis rambut lo, karena Lo pasti sependapat sama gw kalo gw bilang setiap jenis rambut ASALKAN SEHAT dan dirawat pasti jadi INDAH. Setuju gak?

dan btw, trend rambut pun berputar sama seperti trend fashion, gw dulu gak percaya waktu nyokap gw bilang kalo rok yang dipake dipinggang dan rambut kribo bakal ngetren lagi, tapi ternyata sekarang sangat happening..hahaha gara2 langganan sms mama Loren kali ya nyokap gw jadi pintar prediksi begitu..

nb: coba lo liat foto d postingan ini, hitunglah ada berapa Giring Nidji, salut buat kebangkitan Kribo di Indonesia!🙂 hahahahaa..

7 comments

  1. iiihhhh jadi inget masa lalu….
    Saya tuh salah satu ‘korban’ iklan rambut lurus. Sampai-sampai saya sempat underestimate sama diri saya gara-gara kriwil-kriwil ini. Segala cara untuk ngelurusin rambut udah pernah saya lakukan mulai dari dipapan, catok, bonding ampe smoothing udah pernah saya lakukan supaya rambut keriting saya terlihat lurus.
    Bahkan itu saya lakukan dari kelas 6 SD!
    Tapi apa daya, emang dari sananya udah curly-curly gitu ya cuma bertahan paling lama sebulan.
    Abis itu? Balik curly lagi dehhh.
    akakakkakakaka…

    Sekarang mah kapok gitu-gituin rambut lagi. Yang ada malah rambut jadi rusak, patah-patah, kering dll. Mending apa adanya aja deh, yang penting dirawat dengan baik. Toh Allah ngasih segala sesuatu udah dengan komposisi yang terbaik, ya ga?


  2. @annis :Setuju banget nis, segala yang dirawat dengan baik pasti indah. salam kenal ya..


  3. artikel anda ada di:

    http://kecantikan.infogue.com/apapun_jenis_rambutnya_harus_dikeramas_tentunya

    anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!


  4. cieeee eka….. itu infogue apaan tuuu… heheheh. gw setuju ama lo ‘ka, sebenarnya gw agak bingung dengan anggapan orang yang terlalu memujamuja rambut LURUS. karena gw pribadi ga begitu suka kalo rambut gw lurus rus rus, kaya orang cina. haha, tapi bukannya kiblat mode indonesia itu di korea ya? ato itu cuma perasaan gw doang? ah entah, dan untungnya gw pengidap schizoid jadi ga begitu aware terhadap lingkungan apalagi mode, wekeke, jadi waktu sancai melanda indonesia, gw ga ikutan… horee… hahaha, ga penting kan gw…


  5. @ ilma: waduh ma, sebenernya gw juga agak bingung tu,tiba2 udah ada di situs itu, padahal aku gak ngirim lo ahahahaha ^___^


  6. Eka. Lo liat gambar mata ga di avatar comment gw? Itu foto siapa ya? Kayanya gw blm pnh nguplod foto smacam itu, ato lg ada gangguan di wp? Ato ghost in the shell?


  7. syukur alkhamdulillah my rambut luruz aje

    gx perlu diribonding



Leave a Reply

